Monday, October 21, 2013

Makna Hari Pahlawan 10 November



Makna Hari Pahlawan 10 November Republik Indonesia selalu memperingati tanggal 10 November adalah sebagai Hari Pahlawan. Para pemuda dan pemudi di Republik Indonesia pada saat sekarang ini sangat banyak yang belum mengetahui kenapa pada tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan dan mengapa pada tanggal 10 November harus ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dan apa yang melatar belakangi 10 November itu selalu diperingati untuk Hari Pahlawan. Sebagai bangsa yang besar Repubik Indonesia harus menghargai jasa-jasa para pahlawannya yang telah ikut berpartisipasi dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Republik Indonesia, sudah selayaknya kita sebagai rakyat dari Republik Indonesia harus menghormati dan menghargai pengorbanan para pahlawan-pahlawan kita yang telah memberikan kita kebebasan dari para penjajah seperti saat ini. Tidak sedikit diantara Para Pahlawan-pahlawan kita yang rela mengorbankan jiwa, raga bahkan nyawa demi merebut dan memperjuangkan kemerdekaan, sehingga kita sekarang dapat merasakan indahnya kemerdekaan, tidak seperti pada zaman mereka yang penuh dengan peperangan dan penjajahan serta penganiayaan.

Tentunya kita sebagai rakyat dari Republik Indonesia harus tahu apa yang melatar belakangi kenapa pada setiap tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan, yang melatar belakangi itu semua adalah sebuah peristiwa dimana terjadi pertempuran yang sangat hebat dimana terjadi di kota Surabaya antara arek-arek (anak-anak) Suroboyo (Surabaya) dengan serdadu NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang ditumpangi Belanda pada saat itu, NICA (Netherlands Indies Civil Administration) sendiri adalah sekutu dari Belanda.

Peristiwa peperangan yang terjadi di kota Surabaya telah mejadi legitimasi (Kualitas Hukum yang berbasiskan terhadap penerimaan keputusan dalam peradilan) peran Militer Republik Indonesia dalam perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah. Sehingga pada saat itu nilai dari kepahlawanan tersemat dalam sebuah perjuangan untuk melawan sebuah agresi militer. Pada saat itu peran dari para pahlawan banyak yang ikut berjuang demi memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia secara militeristik, maka dari itu 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pada setiap tahunnya untuk menghargai perjuangan Para Pahlawan yang telah rela berjuang demi kemerdekaan Republik indonesia.

Ditulis Oleh : Afif Saifuddin // 5:16 AM
Kategori:

0 komentar :

Post a Comment